Caramu bikin kopi menentukan sehat atau tidak


Caramu membuat kopi menentukan sehat atau tidak kandungan kopi.

Dengan meniadakan variabel bubuk kopi instan, ternyata cara membuat dan menyiapkan kopi bakal menentukan level kolesterol dalam tubuhmu.

Wah begimana tuh?

Baru2 ini penelitian dari Northwestern University menemukan beberapa teknik penyeduhan kopi ternyata mampu menaikkan atau menurunkan LDL dan HDL. LDL merupakan kandungan kolesterol jahat sementara HDL sebaliknya, justru yang kita butuhkan.

Paling berpotensi memunculkan kolesterol jahat adalah kopi yang dimasak hingga mendidih. Begitu kata Marilyn C. Cornelis, asisten profesor di Northwestern University.  

Urutan berikutnya adalah kopi yang diseduh dengan menggunakan metode French Press, Turkish coffee, Scandinavian coffee. Nah tapi sayangnya ga disebutkan Tubruk persisnya ada di posisi mana.

Tapi yang jelas, kopi yang difilter memiliki kandungan LDL paling rendah. Sehingga paling aman dikonsumsi, khususnya bagi peminum kopi dengan masalah kolesterol. "Sebaiknya Anda mengganti metode minum kopi, untuk alasan kesehatan," ujar Rob van Dam, profesor ilmu kesehatan publik di National University of Singapore.

Komentar

Postingan Populer