Bagaimana Menikmati Secangkir Kopi


Sekarang, saya jelaskan kepada sobat 'bagaimana menikmati secangkir kopi'. Ini adalah subjek dimana saat ini saya tengah mengeksplorasinya.

Kita tahu, beberapa cara orang saat menikmati kopi beragam. Ada yang meminumnya dengan air panas, air dingin, atau bahkan dengan es. Ada yang menikmati kopi sachet, ada juga yang membuatnya dari biji kopi gilingan. Ada pula yang mencampur dengan gula atau tidak. Kondisi meminumnya tergantung dari situasi, perasaan, nuansa, dan barangkali, bersama siapa meminum kopi. Lalu, bagaimana sobat dapat menikmati secangkir kopi?

Pertama, sobat harus mencoba berbagai cara meminum kopi. Maksudnya, mencoba berbagai kemungkinan untuk membiasakan lidah sobat mencoba berbagai rasa. Cara ini dapat menemukan posibilitas terhadap rasa yang paling sobat suka.

Berikutnya, sedikit demi sedikit sobat mulai mencicipi variasi biji kopi. Silakan coba Arabica, Robusta dan Liberica (Liberica tidak terlalu populer dibanding dua yang lain, tapi terserah sobat). Selagi minum, sobat dapat mencatat dan menyimpulkan rasa di antara mereka. Untuk membiasakan lidah terhadap rasa kopi, memang tak mudah. Tapi dengan terus berlatih, sobat dapat membedakan diferensiasi dan karakter biji kopi.

Langkah berikut, sobat mengkomparasi dan mendiskusikan penemuan kepada rekan atau peminat kopi. Hal ini merupakan langkah cerdas untuk meningkatkan pengetahuan dan sensibilitas sobat terhadap rasa.
Oke, sekarang sobat adalah le connaisseur
Ini dia! Pada akhirnya, kesimpulan kembali kepada sobat. Tiap orang memiliki selera. Problemnya bukan kepada pilihan, melainkan 'apakah sobat tahu dengan baik apa yang sobat minum beserta konsekuensinya?'  

Komentar

Postingan Populer