Minum Kopi Bikin Panjang Umur?


Belum lama ini, sekitar 6 menit lalu, saya membaca artikel kesehatan mengenai kopi di sebuah situs berita riset internasional. Tulisan tersebut menjelaskan adanya hubungan mengonsumsi kopi dengan rendahnya risiko kematian dini. Ah, yang bener?

Studi yang dilakukan Universitas Navarra di Spanyol menemukan tingkat konsumsi kopi yang tinggi berkaitan erat dengan rendahnya risiko kematian dini. Tim peneliti menemukan partisipan yang meminum kopi empat gelas per hari memiliki risiko kematian dini lebih rendah daripada partisipan yang tidak pernah meminum kopi.

Penelitian yang dimulai sejak 1999 ini mengikutsertakan hampir 20 ribu partisipan dari lulusan beberapa universitas di Spanyol. Niat banget yak? Kemudian para partisipan dicek kembali setelah 10 tahun. 337 Partisipan di antaranya meninggal dunia.

Dr Adela Navarro mengatakan, "Kami menemukan hubungan terbalik* antara mengonsumsi kopi dan risiko kematian umumnya di kalangan partisipan usia 45 tahun dan ke atas. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh adanya asosiasi protektif yang kuat di antara mereka."

Penelitian tersebut juga merekomendasikan untuk meminum empat gelas kopi per hari sebagai langkah untuk memulai hidup sehat. Nah, sekarang sudah percaya kan? Sruput kopi yuk mulai hari ini. :)



*Semakin tinggi mengonsumsi kopi, maka semakin rendah risiko kematian, begitu pula sebaliknya

Sumber: Sciencedaily.com

Komentar

Postingan Populer